Selasa, 25 Januari 2011

Rujak Kangkung Dadakan – Makanan Khas Cibingbin, Kabupaten Kuningan

        Ada yang pernah dengar istilah rujak kangkung, atau mungkin di daerah lain mah ada istilahnya tuh lotek.hehehe. Walau bagaimanapun dan seperti apapun itu, pokoknya makanan satu ini dikenal sebagai RUJAK KANGKUNG, atau bisa ditambahin dengan kata DADAKAN. Ya, karena emang kangkung nya direbus secara dadakan, ketika ada orang yang mau beli, barulah kangkungnya di rebus. Macam mie ayam saja gitu, mie nya harus direbus dulu.hehehe..
Okay, aku tidak akan membicarakan secara detail tentang dan bahan-bahan Rujak Kangkung Dadakan ini, karena judul tulisan ini juga bukan cara membuat rujak kangkung.hehe.. Cuma share sedikit doank..
Rujak kangkung yang seperti ini sebenarnya diriku juga sering memakannya, karena ibu di rumah juga kadang membuat yang beginian untuk lauknya nasi. Tapi, walau bagaimanapun Rujak Kangkung yang satu ini emang bener bener beda. Rasanya juga lebih sedap, rasa sambelnya maksudnya. Sambel pedas, pake asem pastinya, dan nampaknya pake terasi juga, sehingga wangi sambelnya itu sangat menggoda.hahaha..
Pertama makan rujak kangkung yang asli ini yaitu langsung di tempat asalnya dimana nama rujak kangkung dadakan ini berasal, yaitu tepatnya ketika bersilaturahmi ke tempat sahabat ngaliwet ketika sama-sama berjuang di Cirebon hehehe, yakni di Desa Cipondok, kecamatan Cibingbin, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.. halah.. lengkap amat yah..hehehe. Ya, Rujak Kangkung Dadakan Khas Cibingbin mungkin nama lengkapnya.
Rujak Kangkung Dadakan - Makanan Khas Cibingbin
Diberitahukan oleh temanku ini, katanya, Rujak Kangkung Cibingbin ini sudah terkenal, banyak juga orang dari luar Cibingbin yang sengaja makan rujak kangkung datang ke Cibingbin. Dan juga orang-orang dari Jawa Tengah pun suka banyak yang berkunjung untuk jajan rujak kangkung ini. Jawa Tengah di sini, karena memang Cibingbin ini adalah kecamatan paling ujung di Kabupaten Kuningan, dan sebagai perbatasan antara Jawa Barat dan Jawa Tengah, gituuuuhhh..
Nah, ternyata, di Cirebon pun, kebetulan deket tempat kost, ada juga yang jualan Rujak Kangkung Cibingbin ini lho.. Malahan yang ini lebih maknyus dari pada yang aku coba di Desa Cipondok bersama temanku itu. Sambelnya wangi tenan, pueeedeeesssss.. Murah lagi, cuma 2000 (dua rebu) rupiah doank satu porsi, banyak lagi.
Rujak Kangkung Khas Cibingbin
Rujak Kangkung Cibingbin di STAIN Cirebon
Kali aja pengen nyoba, tapi kejauhan jika harus ke Cibingbin, ya udah cari aja di tempat terdekat Anda, barang kali saja ada.hehehe.. Tapi kalo belum menemukan, ya udah di Cirebon juga ada, tepatnya di depan Kampus STAIN Cirebon, jalan perjuangan. Kalo bingung lagi disebelah mana lokasinya, ya udah ajak aku makannya, ntar sekalian traktir aku..hahahaha.. Selamat Menikmati..

1 komentar:

  1. InsyaAllah kemungkinan untuk wilayah Cipanas, Cianjur bisa menikmatinya sebelum lebaran 2011, Amiin...doakan ya mas...

    BalasHapus